wedding syar'i

Wedding Syar'i

Menunjuk sebuah Jasa Event Organiser Pesta/ Wedding berkonsep syar'i adalah pilihan tepat bagi anda yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan secara syar'i. Karena menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan (walimatul ursy) yang berkonsep syar'i biasanya tidak mudah di jaman sekarang ini karena pengetahuan agama masyarakat yang masih minim. 

 

Wedding syar'i adalah sebuah gabungan dari banyak kegiatan yang kesemuanya harus syar'i juga. Sehingga penyelenggaraannya harus rinci agar benar-benar merupakan implementasi syariat di setiap bagiannya. 

 

Konsultasi jasa wedding syar'i klik disini

 

Di antara kegiatan-kegiatan yang harus syar'i sehubungan dengan rangkaian acara wedding syar'i adalah seperti contoh misalnya : penyelenggaraan pengantin, dekorasi ruang walimah yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, pembatasan akses hubungan tamu laki-laki dan perempuan saat makan-makan, penyelenggaraan kegiatan makan yang tidak dengan berdiri, dan lain sebagainya. 

 

Dalam hal ini jasa Event Organiser Wedding Syar'i sekaligus berperan sebagai juru dakwah dalam memberikan edukasi ke masyarakat atau dalam hal ini adalah klien, tentang bagaimana konsep Wedding Syar'i itu. Akan jauh lebih bagus jika ada ustadz (ahli agama) sebagai penasehat di dalam EO wedding syar'i tersebut.. 

 

jasa event organiser wedding syar'ijasa event organiser wedding syar'i

 

Oleh karena itu Jasa Event Organiser Pernikahan Wedding Syar'i haruslah tahu benar konsep syar'i sehingga bisa mengimplementasikannya pada kegiatan pernikahan yang memang sudah dari awal request untuk diselenggarakan secara syar'i. 

 

Bagian dari Wedding Syar'i

Di antara hal-hal yang merupakan part/ bagian dari wedding syar'i yang harus diperhatikan oleh penyelenggara wedding syar'i adalah :

 

1. Penerima tamu, dipisah laki-laki dan perempuan

Konsep penerima tamu yang di wedding umumnya jadi satu antara tamu laki-laki dengan perempuan, maka di wedding syar'i harus dipisah. Sekalipun itu antara suami dan isteri. Karena berjaga-jaga agar tidak bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom (misalnya : suami atau isteri orang). 

 


لِأَنْ يُطْعَنَ فِيْ رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِمَخِيْطٍ مِنْ حَدِيْدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لَا تَحِلُّ لَهُ

 

"Sesungguhnya andai kepala seseorang kalian ditusuk dengan jarum yang terbuat dari besi itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya."

 

Hadits di atas diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrâni dalam al-Mujamul Kabîr no.486, 487 dan ar-Rûyânî dalam Musnadnya II/227. Hadits ini dihukumi berderajat hasan oleh al-Albani dalam ash-Shahîhah no. 226.

 

Adapun nanti saat pulang antara suami dan isteri bisa janji untuk ketemu di tempat tertentu, atau bisa berkomunikasi dengan handphone

 
konsep dipisah laki-laki dengan perempuankonsep dipisah laki-laki dengan perempuan

 

2. Acaranya. Dipisah laki-laki dan perempuan

Demikian juga di saat acaranya, maka antara laki-laki dan perempuan juga harus dipisah. Sekali lagi untuk berjaga-jaga agar jangan sampai bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom. 

 

Wedding konsep syar'i memang terkesan aneh dan membatasi. Tetapi itu semua semata-mata demi menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya. Selain itu terkesan aneh dan membatasi karena kita belum terbiasa saja. 

 

contoh gambar konsep pemisahan antara ikhwan dan akhwat dalam wedding syar'i (sumber quora)contoh gambar konsep pemisahan antara ikhwan dan akhwat dalam wedding syar'i (sumber quora)

 

3. Tidak ada musik kecuali rebana

Kalaupun ada lagu-lagu, maka itu syair saja dan dinyanyikan oleh kaum wanita. Karena pada dasarnya semua jenis musik dan alat musik dilarang di dalam Islam, kecuali syair dan dengan rebana khusus pada saat acara walimah. 

 

Adapun musik dengan alat musik selain rebana dan dinyanyikan oleh selain kaum wanita maka tidak boleh sekalipun di acara walimah. Wedding syar'i memang harus seperti itu konsepnya. 

 

Adapun syair dengan suara pria (suara saja tanpa back sound  alat musik selain rebana) maka tidak mengapa. Anda bisa menggunakan jasa nasyid tanpa backsound agar lebih hidup acarawedding anda sebagai gantinya lagu-lagu. 

 

4. Pengantin wanita tidak untuk dipajang dan dijadikan tontonan kaum pria

Memasangkan antara pengantin pria dengan pengantin wanita di depan umum/ para undangan sudah umum dikenal dan biasa sekali di masyarakat kita. Dimana dibuatkan semacam panggung khusus untuk mereka berdua duduk dan menerima tamu. 

 

Memang dalam kondisi sehari-hari, selama pengantin wanita memakai hijab lengkap tidak masalah jika terlihat oleh pria. Hanya saja ketika sudah dijadikan pajangan dan tontonan di depan, maka hal ini dikhawatirkan akan membuat para undangan pria mudah dalam berlezat-lezat menikmati wajah pengantin wanita. 

 

Apalagi biasanya pengantin wanita selalu dirias agar kelihatan cantik. Ini bahayanya tentu lebih besar lagi. Bisa menimbulkan syahwat bagi undangan pria. 

 

Untuk mencegah hal tersebut, maka sebaiknya antara pengantin pria dan pengantin wanita dipisah sesuai dengan pemisahan antara tempat acara undangan pria dengan undangan wanita. 

 

Begitulah konsep wedding syar'i yang merupakan syiar Islam sebenarnya.

Klik disini untuk pemesanan layanan/ jasa Event Organiser wedding syar'i.

 

5. Acara tidak menabrak waktu sholat berjamaah

Ini juga salah satu prinsip penting acara wedding syar'i, yaitu tidak menabrak waktu sholat. Jadi misalnya acara digelar pagi, maka sebaiknya jam 11 siang harus sudah kelar acara tersebut agar tamu/ undangan pria bisa menyiapkan diri untuk sholat berjamaah.

 

Karena bagi pria, sholat jamaah di masjid adalah kewajiban (kecuali saat pandemi tentunya). Dan juga sholat adalah rukun Islam yang kedua sesudah syahadat sehingga harus benar-benar diprioritaskan yang jauh lebih penting dari acara walimah. 

 

Untuk itu agar tepat waktu acara harus sudah dimulai jam 8 pagi, sehingga jam 11 siang (3 jam kemudian) sudah bisa diakhiri. 

 
Sebaik-baik amalan adalah sholatSebaik-baik amalan adalah sholat

 
6. Tidak menutup jalan umum

Ini juga prinsip yang jarang diketahui oleh masyarakat kita dimana di masyarakat kita ketika menyelenggarakan pernikahan sudah biasa mereka menutup jalan, bahkan jalan raya. Padahal ini tidak boleh dalam Islam karena mengganggu kepentingan umum. 

 

Islam selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Ini juga sebenarnya merupakan prinsip kita dalam bernegara. Hanya saja prinsip ini sudah mulai luntur akhir-akhir ini.

 

7. Pada saat tamu pada makan, konsep ruangan harus dibuat banyak kursi agar tamu tidak makan sambil berdiri

Makan sambil duduk adalah budaya Islam, sedangkan makan sambil berdiri adalah budaya orang barat. Bahkan secara kesehatanpun makan sambil duduk itu lebih baik dan jauh lebih menyehatkan dibanding dengan berdiri. 

 

Namun di masyarakat kita juga belum terlalu familiar makan sambil duduk ketika konsep yang diusung sistem makan dengan prasmanan. 

 

Oleh karena itu di wedding syar'i, harus disediakan tempat duduk. Adapun mengambil makanannya bisa sambil berdiri, kemudian makanan dibawa ke tempat duduk yang telah disediakan. Tempat duduk harus cukup untuk semua undangan.

 

8. Memiliki penasehat dari kalangan ustadz (ahli agama)

Tak jarang di kegiatannya ada aja masalah yang berkaitan dengan solusi dari agama. Oleh karena itu sebuah Jasa Event Organiser Wedding Syar'i harus memiliki seorang ustadz sebagai penasehatnya. Agar solusi terhadap masalah yang muncul selalu dari sudut pandang agama.

 

9. Bisa meng-handle dengan sabar saat ada kritikan atau komplain dari undangan

Namanya penyelenggaraan sebuah acara besar yang mengundang banyak orang, kemudian acara tersebut tidak familiar tata cara penyelenggaraannya, biasanya selalu ada aja pertentangan dari undangan. 

 

Oleh karena itu Jasa Wedding Syar'i yang baik harus ada SOP khusus bagaimana menanganinya. Selain itu cara penanganan juga harus sabar dan sopan karena biasanya yang komplain karena mereka belum tahu apa itu Wedding Syar'i. 

 

Nah beberapa hal yang harus diperhatikan di atas dari sebuah penyelenggaraan wedding syar'i bisa anda jadikan sebagai fit and proper test saat anda berkenan untuk menunjuk Jasa Event Organiser Wedding Syar'i. 

 

Anda dapat menghubungi kami disini untuk pemesanan wedding syar'i yang insyaAllah sesuai dengan konsep di atas. 

 

 

Syarat Tambahan Wedding Syar'i

Selain harus menganut konsep hal-hal sebagaimana di atas yang sudah kita terangkan, ada syarat lain yang harus diusung oleh jasa Event Organiser wedding syar'i, yaitu ada 3 hal berikut : 

 

1. Kesopanan dan kesantunan

Seluruh kru EO wedding syar'i harus sopan dalam melayani klien dan juga undangan. Karena bagaimanapun mereka membawa nama syar'i dimana harus selalu sopan, santun, dan senyum kepada orang. Misi utamanya adalah rahmatan lil 'alamin.

 

2. Makanannya perlu enak

Makanan enak merupakan manifestasi dari konsep profesionalisme yang diusungnya, karena makanan jelas adalah bagian paling penting dari suatu acara wedding. Pasti hal itu menjadi acara dan kepuasan utama undangan. 

 

Oleh karena itu makanan harus enak. 

 
gambar ilustrasi makanan (internet)gambar ilustrasi makanan (internet)

 

3. Rinci dalam membuat acara

Rinci dalam membuat acara penting dilakukan oleh EO wedding syar'i karena acara semacam ini pasti banyak hal detil yang harus diperhatikan. Bahkan tak jarang hal tersebut harus dikonsultasikan dengan ustadz untuk menemukan jawaban solusi yang pas. 

 

Demikian sedikit ulasan mengenai wedding syar'i. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Request wedding syar'i atau konsultasi bisa klik link di bawah ini : 

 
 KONTAK DISINI 
WA : 089-5353-69-8866
 

 

 Mengalami kebingungan atau ragu-ragu untuk membeli produk yang sesuai keinginan anda ? Konsultasikan dengan Produkjoss secara cuma-cuma. 


 KONTAK DISINI 
WA : 089-5353-69-8866