Software Sistem Informasi Manajemen Inventory Gudang Bahan Baku

Software Sistem Informasi Manajemen inventory Gudang Bahan Baku

Amsol Sistem Informasi Manajemen inventory (SIM - inventory) ini dirancang secara khusus untuk membantu perusahaan/ bisnis yang bergerak di bidang manufaktur, yaitu bisnis dalam pembuatan barang jadi atau setengah jadi menjadi barang jadi agar lebih efektif dan efisien dalam mengelola gudang bahan bakunya

 

Di antara contoh usaha/ bisnis yang membutuhkan Amsol SIM-inventory ini adalah perusahaan : perakitan kapal, perakitan mesin, kontraktor gedung, kontraktor perumahan, kontraktor jalan raya, exshibisi, bahkan sampai dengan usaha pengolahan makanan seperti catering, dan beragam makanan olahan. 

 
 REQUEST 
 

 

Sebuah bisnis biasanya penekanannya ada pada penjualan (sales dan marketing) karena diyakini bahwa angka penjualan adalah seperti oksigen bagi kehidupan. Tidak adanya penjualan atau penjualan yang di bawah target, berarti bisnis tersebut dalam bahaya yang besar. 

 

Sehingga dari fakta tersebut tidak mengherankan jika sektor penjualan selalu menjadi perhatian utama perusahaan dimanapun itu. Sehingga seringnya sektor produksi tidak setinggi sektor penjualan dalam perusahaan memberikan perhatian. 

 

Memang sih produksi juga sangat penting. Akan tetapi biasanya tingkat kepentingannya dianggap masih di bawah penjualan. Apalagi untuk perusahaan yang menerapkan sistem makloon. Namun demikian sektor produksi tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Karena jika tidak dikelola dengan baik, sektor produksi lama-kelamaan juga akan menggerus keuntungan yang dihasilkan dari sektor penjualan. 

 

Oleh karena itu pengelolaan yang seimbang antara bagian penjualan dan bagian produksi patut dilaksanakan dengan baik. 

 

Sektor penjualan bisa dikatakan berhasil jika mampu memberikan penjualan dan keuntungan yang signifikan. Sementara itu kebalikannya, di sektor produksi bisa dikatakan bagus pengelolaannya jika berhasil menekan ongkos produksi. 

 

Salah satu cara untuk bisa melaksanakan hal tersebut (menekan ongkos produksi) adalah dengan efisiensi. Dan efisiensi tidak bisa dilakukan kecuali dengan menerapkan sebuah sistem yang benar dan akurat yang ditunjang dengan Software Informasi Manufaktur yang baik. 

 

Salah satu variabel dari manufaktur adalah gudang dimana bahan baku disimpan. Pengelolaan gudang dan bahan baku yang baik akan menghasilkan data produksi yang baik juga.

 

Data yang dimaksud adalah seperti misal contohnya adalah : jumlah inventory bahan baku yang tersimpan, stok kritis, kapan waktunya melakukan pembelian bahan baku, berapa jumlah bahan yang harus disiapkan dan kapan harus tersedia, berapa jumlah bahan yang telah dikeluarkan bulan ini, dan sebagainya. 

 

Dalam memberikan data-data tersebut, pabrik seringkali loss dan tidak akurat dalam menyajikannya. Padahal ketersediaan data yang akurat sangat dibutuhkan untuk melakukan kebijakan dalam pengambilan langkah strategis dalam melakukan efisiensi.

 

 

Permasalahan-permasalahan Pabrik dalam Menyediakan Data Strategis

Kegagalan dalam menyediakan data secara akurat biasanya terjadi karena berbagai permasalahan. Di antara permasalahan-permasalahan yang dihadapi pabrik (sektor produksi) tersebut biasanya tidak lepas dari hal-hal berikut : 

 

1. Tidak mendeteksi secara akurat bahan yang keluar dari gudang menuju ruang produksi

Hal ini kelihatannya remeh, namun masih saja ada pabrik yang kurang perhatian pada sektor ini dimana tidak dicatat dengan baik setiap bahan baku yang keluar dari gudang menuju ruang produksi. 

 

2. Tidak diketahuinya secara detil keadaan stok apakah sudah kritis ataukah belum

Hanya mengandalkan ingatan atau pandangan mata terhadap tumpukan bahan baku ketika dirasa sudah waktunya melakukan pembelian maka dilakukanlah pembelian, adalah sebuah hal yang semestinya tidak dilakukan.

 

Hal ini karena selain penyediaan data menjadi tidak akurat juga dapat menyebabkan gonjang-ganjing jika sampai bagian ini resign atau terjadi kecelakaan kerja. Karyawan pengganti tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Diapun harus belajar dari awal ke yang resign tadi. 

 

Biasanya tidak ada parameter khusus berapa sisa bahan baku minimal yang mengharuskan untuk segera melakukan pembelian bahan baku lagi.

 

3. Mengetahui tempat penyimpanan namun tidak disiplin dalam meletakkan

Secara umum karyawan gudang biasanya sudah tahu dimana meletakkan bahan baku yang baru dikirim dari suplier. Namun secara khusus belum tentu paham. Diletakkan di rak nomor berapa dan posisi ke berapa. Bahkan ada yang rak nya tidak ditandai. Sekali lagi hanya mengandalkan ingatan. 

 

Belum lagi masalah ketidakdisiplinan sementara ditaruh disini dulu nanti dipindahkan ke tempat aslinya. Habis itu lupa. Akhirnya tidak terdeteksi dan tercatat dengan baik. Biasanya kejadian ini melibatkan beberapa karyawan karena tidak adanya saling koordinasi. 

 

4. Tidak diketahui telah berapa banyak bahan yang digunakan dan berapa yang terbuang

Kadang dalam proses produksi (yang sudah masuk ruang produksi), tidak ada kontrol terhadap bahan yang masuk dan bahan yang keluar. Kadang tercecer ke lantai tidak diperhatikan atau setidaknya dibiarkan saja. Lama-lama menjadi kebiasaan. Akhirnya bahan baku yang terbuang tidak mendapatkan perhatian lagi setelah masuk ruang produksi. 

 

Akhirnya hal ini menyebabkan tidak diketahuinya secara akurat jumlah bahan baku pasti dan berapa yang terbuang. 

 

5. Tidak efisien dalam informasi data

Seperti misal dari bagian gudang ke bagian pembelian dan keuangan. 

 

Karyawan yang bolak balik dari bagian pembelian dan mungkin juga bagian keuangan yang kadang jaraknya berjauhan menyebabkan tidak efisien dari sisi waktu.

 

Waktu yang terbuang 10 - 20 menit jika dikalikan dalam sepekan atau sebulan tentu sudah pemborosan yang lumayan. Waktu sejumlah itu kalau digunakan untuk produksi sudah berapa yang bisa dihasilkan harus bisa menjadi pertimbangan untuk langkah perbaikan. 

 

Dari paparan beberapa permasalahan di atas betapa pentingnya SOP yang baik yang kemudian di implementasikan dalam penggunaan software inventory. Disinilah pentingnya implementasi Software sistem Informasi inventory untuk manajemen pengelolaan bahan baku anda. 

 
 REQUEST 
 

  

Amsol Sikos, Software Manajemen inventory dari Amanah Solution

Amanah Solution telah mengembangkan software inventory sejak 2014 silam. Software ini telah digunakan di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur seperti PT. West Papua Shipyard (perusahaan perakitan kapal), PT. Girder Indonesia (kontraktor jalan raya dan tol), dan beberapa perusahaan lain. 

 

Amsol SIM inventory cocok digunakan untuk mengelola gudang bahan baku berbagai perusahaan seperti perusahaan: perakitan kapal, perakitan mesin, kontraktor gedung, kontraktor perumahan, kontraktor jalan raya, exshibisi, bahkan sampai dengan usaha pengolahan makanan seperti catering, dan beragam makanan olahan. 

 

Pertanyaan dan diskusi seputar memanfaatkan Software inventory untuk kegiatan manufaktur silahkan klik disini.

 

Sofware inventory untuk pengelolaan gudang bahan baku yang dikembangkan Amanah Solution ini secara garis besar berkonsep integrated, yakni sebuah konsep software yang mengelola data dari berbagai lini untuk kemudian ditarik menjadi satu database terpusat di sebuah server. 

Konsep Integrated Software Sistem InformasiKonsep Integrated Software Sistem Informasi

 

Kemudian di masing-masing pos pengelolaan bahan baku di gudang, seperti misalnya bagian penerimaan barang, bagian pembayaran, bagian barang keluar, dan lain sebagainya, disana telah tersedia komputer/ gadget untuk melaporkan setiap kali bahan baku melewati pos tersebut.

 

Dengan menggunakan Amsol SIM inventory, pekerjaan ini tambah semakin efektif lagi karena telah dilengkapi dengan sistem pembaca barcode di dalamnya. Tinggal tembakkan ke kode code nya dalam 1-3 detik selesai. Mudah dan cepat. 

 

Sistem cara kerja software inventory yang seperti ini sangat efektif dalam mengelola bahan baku di gudang anda. Di dalamnya lengkap halaman untuk setting, memasukkan data pembelian, data stok, kartu stok, penempatan di gudang, di rak nomor berapa, dan lain sebagainya.

  

 

Cara Implementasi Software inventory

Ada 2 cara bagaimana mengimplementasikan software inventory ini :

 

Pertama : dengan diinstall secara online di hosting

Anda harus menyiapkan bujet khusus untuk melakukan sewa hosting agar software inventory anda dapat diinstall secara online. Karena fungsi hosting adalah sebagai "rumah" tempat untuk menaruh software inventory anda ini. 

 

Selain hosting anda juga butuh domain. Domain adalah url adress yang biasa diketikkan di halaman form url di sebuah browser. Software inventory anda harus memiliki domain agar bisa diakses. 

 

Dengan instalasi sistem online ini anda bisa mengakses software dari manapun anda berapa. Tentunya selama ada koneksi internet. Cara ini sangat kita rekomendasikan bagi anda yang memiliki cabang gudang di berbagai tempat secara berjauhan. Apalagi kalau di luar kota.  

 

 

Kedua : dengan diinstall secara offline

Cara yang ini cocok bagi anda yang memiliki pabrik di satu lokasi. Dimana dengan konsep ini cukup sediakan sebuah PC. PC ini fungsinya sebagai server. Seluruh software dan modul-modul pendukungnya install di PC server ini.

 

Sementara PC client hubungkan ke PC server dengan menggunakan jaringan WIFI atau bisa juga dengan kabel LAN. Bahkan jika koneksi dengan WIFI, anda dapat mengaksesnya menggunakan gadget baik smartphone ataupun tablet. 

  

Rekomendasi cara instalasi yang kedua ini adalah bagi anda yang gudangnya di satu tempat saja. 

 

Harga dari Amsol SIM inventory adalah sebesar 6 juta rupiah. Harga segini tidak ada apa-apanya kalau di komparasikan dengan efisiensi pekerjaan gudang yang akan anda dapatkan. Bahkan tergolong sangat murah. Yang mengherankan masih saja ada perusahaan yang menganggap harga segini terlalu mahal. Padahal hanya sebulan gaji karyawannya nilainya.

 

Apalagi jika melihat servis dan layanannya, tentu harga segini jauh lebih terasa murah. Jadi pastikan mindset anda investasi, bukan membeli. Karena Sistem Informasi adalah aset anda. 

 

Servis yang menyertai jika anda membeli Amsol SIM inventory ini adalah :

 

  • Paket Software Sistemnya yang tidak di-encrpyt (keunggulannya bisa anda kembangkan sendiri jika anda memiliki programmer)
     
  • Jasa instalasi di hosting (online) atau di komputer anda (offline). Teknisi tidak perlu datang karena kegiatan ini bisa dengan cara remote jarak jauh menggunakan software Anydesk.
     
  • Pendampingan (secara online by whatsapp) penggunaan Sistem ini untuk seluruh pengguna sampai dengan bisa.
     
  • Garansi yang sifatnya lifetime, artinya selama vendor masih hidup dan sehat insyaAllah masih akan menggaransi jika sistem anda ini trouble. Garansi lifetime ini tentu tidak main-main. Jarang ada vendor yang memberikan fasilitas se-ektrim ini. 

  

Itulah kemudahan-kemudahan dan fasilitas yang diberikan jika anda memesan Software inventory ini. Berdasarkan pengalaman selama ini, penggunaan Sistem ini bisa mengefisiensi pekerjaan gudang anda di atas 50 %.

 

Jadi secara nyata akan mengurangi biaya operasional bisnis anda secara sangat signifikan. 

 

Untuk reseller fee-nya sebagaimana berikut : 

10 % (untuk informasi saja)

20 % (untuk membantu sampai dengan closing)

 

 

2 Trik dalam Membeli Software (inventory)

2 trik lain dalam membeli software adalah sebagai berikut :

 

1. Pastikan anda tidak tergiur dengan harga

Software inventory yang lebih murah dari ini, karena itu artinya harganya terlalu murah. Mengapa tidak boleh tergiur ? Karena sudah pasti akan mengurangi kinerja servis dan layanannya. 

 

Sering terjadi kasus vendor lari dari pekerjaan nya karena harga yang terlalu murah. Dia seperti makan simalakama. Karena kalau jual mahal, tidak bisa menggaet pembeli. Ada rasa kekawatiran produknya tidak laku.  Akhirnya banting hargalah dia. Anda pun menjadi korban bahkan oleh persepsi anda sendiri karena tidak di servis maksimal. 

 

Jangan sampai anda berpikir bahwa membeli software Sistem Informasi seperti ini dengan harga murah. Apalagi kalau hanya berpikiran untuk membeli software-nya saja.

 

2. Pastikan untuk melihat layanan yang mengiringi penjualan software nya juga

After sales termasuk yang paling penting. Buat apa membeli software hanya dengan harga murah akan tetapi tidak bisa digunakan. Atau ketika anda kesulitan menggunakan semisal ada error, kesalahan formula, atau bahkan masalah remeh dimana anda kesulitan pada beberapa detil penggunaan, anda tidak mendapatkan pendampingan. Eman... 

  

Jika anda berminat demi efisiensi dan efektifitas kerja bagian Gudang Bahan Baku anda, silahkan menghubungi klik disini. 

Anda bisa meminta trial demo software inventory ini sebelum memutuskan pembelian. 

 
 REQUEST 
 

 

Berikut sebagian capture-capture sebagai gambaran saja bagi anda saat akan membeli. Namun untuk menjadi acuan, capture dangat tidak kami rekomendasikan. Karena untuk mengetahui sistem kerja sebuah Software inventory, anda harus melihat trial-nya langsung, mencoba sendiri, dan bertanya ke vendor saat andat tidak tahu caranya. Intinya komunikasi. 

  

Software InventorySoftware Inventory

 

Software Inventory 1Software Inventory 1

 

Software Inventory 2Software Inventory 2

 

Software Inventory 3Software Inventory 3

 

Software Inventory 4Software Inventory 4

 

Software Inventory 5Software Inventory 5

 

 Mengalami kebingungan atau ragu-ragu untuk membeli produk yang sesuai keinginan anda ? Konsultasikan dengan Produkjoss secara cuma-cuma. 


 KONTAK DISINI 
WA : 089-5353-69-8866