Interior Custom

Tidak boleh sembarangan dalam mendesain dan mengembangkan interior jika anda ingin nyaman dan bisa melepas segala penat saat pulang kerja ke rumah. Karena style setiap orang berbeda, interior custom adalah pilihan terbaik untuk fungsi tersebut. 

 

Konsultasi Jasa Interior Custom

 

Alasan Mengapa Harus Interior Custom

Setiap orang memiliki style dan selera yang berbeda-beda. Antara satu orang dengan orang lain tidak bisa disamakan. Ada yang suka dengan gaya modern, tapi juga tidak sedikit yang menyukai gaya post modern. Tidak bisa disamakan. 

 

Apalagi untuk urusan rumah yang salah satu tujuannya memliki rumah adalah sebagai pelepas penat di kala capek pulang dari kerja. Tentu tidak akan tepat rasanya jika orang yang memiliki selera klasik mendesain rumah dengan standar modern misalnya. Bukannya hilang capek malah bisa-bisa tambah stress pikiran. 

 

Dari permasalahan tersebut, membangun rumah dengan konsep interior custom adalah pilihan terbaik bagi anda. Jangan sampai interior rumah anda diseragamkan dengan interior rumah lain. Itu kurang baik bagi psikologis anda, karena anda adalah spesial (tidak sama dengan orang lain). 

 

Gayamu sendiriGayamu sendiri

 

 

Trik Pengembangan Desain Interior Custom 

Untuk mencapai tujuan kenyamanan dalam pengembangan interior custom sesuai dengan kepribadian anda, ada trik-trik yang perlu anda ketahui agar hasilnya maksimal. Di antara trik-trik tersebut ada 3 hal pokok yang harus anda perhatikan benar-benar, yakni sebagaimana berikut : 

 

Pertama, Harus memilih jasa Interior Custom yang tepat 

Yang hendaknya menjadi pertimbangan pertama dalam mengembangkan interior custom adalah anda harus mendapatkan vendor pengembang yang benar-benar tepat. Maksud tepat disini adalah tepat dalam hal-hal sebagaimana berikut : 

 

1. Dari segi bidang pekerjaan, carilah yang menguasai lebih umum

Anda harus memilih vendor interior custom yang paham tidak hanya satu bidang pekerjaan. Maksud saya vendor tersebut setidaknya harus paham 2 hal yakni : permebelan dan per-besi-an. Artinya vendor tersebut harus mengerti kedua hal tersebut. 

 

Mengapa ? Karena pekerjaannya interior custom setidaknya melibatkan 2 hal tersebut. Elemen interior itu pasti ada mebel-nya (seperti meja, kursi, rak, lemari, dan sebagainya), dan ada per-besi-annya (seperti rangka, pipa-pipa, sambungan besi, dan sebagainya)

 

Jangan sampai hanya menguasai salah satunya. Ada vendor yang background-nya adalah bidang per-kanopi-an. Maka tidak disarankan untuk mengerjakan interior custom. Demikian juga yang background-nya mengerjakan mebel saja, maka sebaiknya juga tidak mengerjakan interior custom.  

 

Ketika tidak ada job, biasanya vendor akan lintas pekerjaan. Tujuannya adalah agar ada cashflow tentu saja. Jadi, jika anda tidak hati-hati dalam memilih vendor, anda bisa salah dalam menjatuhkan pilihan. Akibatnya pekerjaan anda jadi tidak maksimal yang pada akhirnya dapat membuat anda tidak puas dengan hasilnya. 

 

Jadi pilihlah vendor interior custom yang setidaknya menguasai 2 pekerjaan tersebut, permebelan, dan per-besi-an. Cara mengetahuinya bagaimana ? Lihat pekerjaan sebelumnya. 

Klik disini untuk jasa interior custom yang saya rekomendasikan. 

 

 

2. Cari vendor yang paham konsep

Desain itu tidak sekedar goresan di atas kertas yang terlihat indah. Tetapi desain itu adalah sesuatu yang memiliki konsep. Jadi desain itu tidak melulu tentang indah atau tidak indah. Juga bukan hanya tentang bagus dan tidak bagus. Tetapi desain itu adalah konsep. 

 

Mengapa ? 

 

Karena urusan indah dan tidak indah, atau bagus dan jelek, itu sangat subyektif. Tidak mesti apa yang dikatakan oleh orang tertentu adalah bagus kemudian dikatakan oleh orang lain bagus pula. Banyak contohnya. Karena hal tersebut adalah subyektif dan sangat dipengaruhi oleh latar belakang seseorang. 

 

Sebuah mobil sedan tahun 60 atau 70-an, bagi sebagian orang dikatakan begitu indah dan mempesona. Makanya tak heran dimana bagi penggemarnya, 

 

Pun demikian dengan bangunan dengan interior gaya Belanda. Mungkin bagi sebagian orang itu terlalu mistis atau bahkan terkesan kolot. Tapi bagi orang lain tidak, justru disanalah keindahannya. 

 

Nah, disini kita jadi paham bahwa indah tidak indah, atau bagus dan jelek itu sangat subyektif. Makanya disitu pentingnya konsep. Mau diarahkan ke gaya macam apa sebuah desain interior custom, disitulah pentingnya konsep. 

 

Mau gaya gothic, kolonial, posmodern, modern, dan lain sebagainya, kesemuanya itu selalu diawali dengan konsep. Konsep is everything. Orang membuat desain bagus dan murah-murah mungkin banyak, tetapi yang paham konsep amatlah sedikit. 

 

Nah dengan demikian, untuk mendukung desain interior custom anda, konsep sangat diperlukan dalam hal ini. Carilah vendor pengembang interior custom yang sangat memahami konsep. 

 

 

Bagaimana caranya ? Ada 2 cara sebagaimana berikut :  

 

Pertama, Dengan mengetahui latar belakang pendidikan desainernya.

Umumnya sebuah vendor pengembang interior custom yang paham konsep memiliki latar belakang desainer sebagai sarjana Desain. Kalau di Indonesia Timur, Jurusan Desain Interior ITS Surabaya adalah terdepan dalam bidang ini. Selain ada juga Petra dan Ubaya. 

 

Anda bisa basa-basi menanyakan latar belakang pendidikan vendor anda. Tanya vendor dengan latar belakang desain berkonsep disini.

 

Kedua, Dengan melakukan test langsung

Coba tanyakan ke vendor anda tersebut tentang pengetahuan istilah-istilah yang berhubungan dengan desain seperti misalnya gaya desain. Apa itu langgam, apa itu lifestyle, apa itu proporsi, apa itu distorsi, apa itu rana, dan lain sebagainya. 

 

Atau bisa juga anda ajak diskusi tentang istilah-istilah gaya desain semacam : klasik, posmodern, modern, dan lain sebagainya. Basa-basilah sekalian minta mereka melakukan sketsa dari masing-masing style tersebut. Jika dia nyambung, artinya dia paham desain. Bisa anda ambil menjadi vendor interior custom anda. 

 

3. Yang berpengalaman

Ini adalah hal yang sifatnya sudah umum dimana yang berpengalaman tentu lebih menjanjikan daripada yang belum berpengalaman. Karena dengan adanya pengalaman, artinya dia sudah mengetahui trouble shooting berbagai job di lapangan. 

 

Dengan pengalamannya tersebut akan meningkatkan kualitas pekerjaan yang anda bebankan kepadanya dengan syarat dia adalah vendor yang amanah dan dapat dipercaya. Pengalaman dan amanah adalah 2 syarat minimal untuk hasil optimal interior custom yang anda inginkan. 

  

4. Yang amanah dan dapat dipercaya

Carilah yang amanah dan profesional karena dia memegang 2 pekerjaan sekaligus, memegang pengembangan interiornya dan juga handling desain dan membangun elemen interior sesuai dengan desain yang telah di buat. 

 

Tanpa amanah dan dapat dipercaya, sebuah vendor tidak layak diambil. 

 

Saya pribadi sebagai penulis, pernah berdiskusi dengan seorang pemilik vendor interior custom kecil-kecilan di Surabaya. Dia menyampaikan kepada saya, bahwa baginya amanah adalah modal utama baginya. Sekalipun rugi, dia pribadi akan mengerjakan proyeknya sampai tuntas. 

 

Sekalipun rugi dia akan tetap melanjutkan sampai finish. Karena baginya trust dari klien adalah segalanya. Selain itu merupakan bagian tanggungjawab dia sebagai hamba Allah untuk mengerjakan proyek harus selesai. 

 

Hal-hal yang menyebabkan kerugian ada banyak. Semisal faktor tukang yang ijin tidak masuk, tukang yang tidak amanah, faktor harga bahan yang tiba-tiba naik, faktor alam semisal kehujanan dimana tidak sempat ditutup dengan pelindung hujan (kasus eksterior saja biasanya), dan banyak lagi. 

 

Bagi beliau (teman kontraktor saya tadi), itu semua adalah resiko vendor pengembang yang sifatnya internal yang tidak ada keterlibatan klien. Jadi harus ditanggung apapun resikonya. Kalau perlu keluar duit pribadi untuk menutupi kerugian. Yang penting pekerjaan selesai. 

Kontak vendor 

 

 

Kedua, Pemilihan jenis interior yang sesuai dengan bentuk rumah

Setelah kita bahas dari segi vendor pengembang, trik kedua agar lebih meningkatkan keberhasilan pekerjaan interior custom anda adalah dengan melakukan pemilihan pada elemen-elemen pendukung konsep interior anda. 

 

Ada 3 hal yang harus anda perhatikan dalam hal ini, yaitu sebagai berikut : 

 

1. Yang sesuai dengan konsep

Tentunya jika anda ingin konsep interior rumah anda dengan gaya classic, jangan sampai salah dalam memilih meja atau kursi bergaya post modern. Jadinya jadi jelek nanti. Jangan sampai jika selera anda senyap,tapi malah menggunakan almari dengan konsep ceria, ya jadi selegenje nanti. Demikian juga dengan style yang lain. 

 

Jadi jika anda ingin konsep tertentu pada interior anda, pilihlah elemen interior custom yang mendukung tujuan konsep anda tersebut. Jika anda bingung maka carilah vendor yang paham konsep. Bisa klik disini

 

 

2. Yang sesuai dengan bentuk rumah

Ini merupakan dasar pijakan dalam ilmu teknik. Agar elemen interior anda pas di ruangan yang anda siapkan, pilihlah elemen interior yang sama ukurannya. Ini tidak mudah, karena menepatkan bentuk rumah anda dengan interior beli tidak mesti pas ukurannya. 

 

Kebanyakan elemen-elemen interior yang sudah jadi mereka menggunakan ukuran standar sehingga amat mungkin tidak pas saat dipakai dan diimplementasikan di rumah anda. 

 

Solusinya adalah dengan menggunakan elemen-elemen interior custom. Seperti misalnya : rak buku yang didesain sendiri, meja yang didesain sendiri, kursi yang didesain sendiri, dan lain sebagainya. 

 

Mungkin jatuhnya lebih mahal dari saat beli jadian. Akan tetapi bukankah nilai kepuasan anda sebagai pemilik rumah adalah yang paling diutamakan ? Dan jangan lupa bahwa elemen interior (mebel) custom pastinya kualitas lebih baik daripada mebel jadian. 

 

Contoh kitchen set custom elemen interior yang menyesuaikan ukuran ruanganContoh kitchen set custom elemen interior yang menyesuaikan ukuran ruangan

 

3. Yang berkualitas

Produk-produk mebeller yang bagus dan sudah jadi insyaAllah banyak. Tetapi kekurangannya adalah produk-produk tersebut sifatnya mass produk. Jadi konsepnya adalah untuk desain secara massal. Tidak ada keunikan sesuai dengan style anda. 

 

Selain itu juga dari segi ukuran andalah yang harus menyesuaikan. Dalam pembuatan rumah anda, ukuran rumah andalah yang harus menyesuaikan. Sehingga ketika rumah sudah jadi, perlu ekstra berpikir lebih dalam untuk nge-pas-kan. 

 

Solusinya adalah mebel custom yang berkualitas. Bukan sembarang mebel custom, tapi mebel custom yang berkualitas. 

 

Untuk mendapatkan mebel yang berkualitas, berikut adalah salah satu triknya : Gunakan bahan multiplex, bukan mdf ! Minta vendor anda untuk gunakan bahan itu karena lebih berkualitas dan tahan lama. Selain itu untuk finishing, gunakan HPL dan duco. 

 

Lebih detil konsultasi klik disini.

 

 

Ketiga, Kontrak Kerjasama yang jelas dan profesional dengan Vendor Penggarap

Sebuah pekerjaan yang sifatnya project seperti interior custom ini, kontrak kerjasama adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa tidak.

 

Mengapa ? 

Karena akan selalu ada hal-hal di lapangan yang perlu diatur.

 

Selain itu kontrak adalah bentuk antisipasi dari berbagai permasalahan di lapangan yang sangat mungkin untuk muncul. Maka kontrak kerjasama adalah "jantung" yang mengatur pekerjaan proyek, salah satunya adalah proyek interior custom ini. 

 

Jika kontraknya baik, insyaAllah baik pula pengerjaannya selama ditunjang dengan komitmen yang bagus juga. Namun jJika kontraknya ala kadarnya, kemungkinan melesetnya pekerjaan terbuka lebar. 

 

Berikut ada 4 hal yang harus anda perhatikan saat membuat kontrak kerjasama dengan vendor pengembang interior custom rumah anda :

 

1. Dalam hal urusan gambar kerja

Gambar kerja ini penting sekali. Gambar kerja adalah blueprint dalam anda mengembangkan sebuah proyek. Oleh karena itu perhatikan benar-benar detil kerjasama yang mengatur gambar kerja ini. 

 

Yang bagus adalah gambar kerja ini harus dinilai dengan harga. Biasanya per tampak harganya adalah 300 ribu rupiah. Anda bisa minta beberapa gambar tampak untuk bisa membayangkan seperti apa interior custom anda nantinya. 

 

Selain itu carilah vendor yang menggratiskan biaya gambar ini ketika anda putuskan oke dan lanjut penggarapan oleh vendor/ kontraktor tersebut. Dengan kata lain : free desain jika anda lanjut penggarapan. 

 

Untuk revisi gambar sebaiknya 1 kali free. Jika lebih dari itu ada biayanya. Karena untuk menggambar juga dibutuhkan biaya keahlian dan effort yang tidak kecil. Harus kita hargai hal tersebut. 

 

2. Dalam hal urusan penggarapan

Carilah yang amanah dan profesional karena dia memegang 3 pekerjaan sekaligus, memegang pengembangan interiornya, handling desain, dan membangun elemen interior sesuai dengan desain yang telah di buat. 

 

Berikut 4 prinsip vendor interior custom yang baik yang layak anda gunakan jasanya dalam mendesain dan membangun proyek anda. 

 

  1. Survey, maknanya adalah pertama kali adalah survey ke tempat anda. Artinya adalah agar tahu kondisi riil di lapangan. Tidak bisa hanya melalui poto atau informasi saja. Survey adalah wajib hukumnya. 

  2. Ukur. Dan saat survey, ruangan/ rumah yang hendak dibangun interiornya harus diukur. Ketepatan pengukuran adalah sebuah keniscayaan agar proyek nantinya berjalan sesuai dengan keinginan. 

  3. Desain. Setelah survey dan pengukuran dilakukan, yang terakhir adalah desain. Sebuah vendor yang bagus akan bisa menterjemahkan keinginan anda ke dalam desain dan gambar tampak 3 dimensi yang obyektif (bukan sekedar manipulasi agar tampak indah saja, karena kalau manipulasi nanti akan mengecewakan saat selesai diproduksi)

  4. Produksi. Terakhir sesudah ada kesepakatan biaya, maka terakhir adalah diproduksi. 

 

Kontak vendor 

 

3. Urusan custom tambah-tambahan saat pekerjaan berlangsung

Saat penggarapan, biasanya ada saja ide baru yang muncul. Anda sebagai pemilik (klien) proyek biasanya ingin agar ide tersebut bisa dimunculkan di dalam desain. Maknanya diselipkan ke dalam desain meskipun gambar kerja sudah disepakati, karena rasanya tidak puas jika tidak ditampung. Urusannya adalah kepuasan batin tentu saja. 

 

Sebuah vendor interior custom yang baik, dia tidak selalu punya antisipasi untuk itu. Minimal akan ada 3 pilihan yaitu : tambahan minor, tambahan mayor, dan diskusi. 

 

Tambahan mayor tentu saja ada biayanya. Adapun tambahan minor biasanya tidak ada biayanya. Ataupun kalau ada biayanya biasanya tidak besar atau sekedar untuk beli bahan. 

 

Kemudian pilihan ketiga berupa diskusi adalah meyakinkan anda bahwa tambahan itu tidak diperlukan karena dianggap akan merusak ide konsep awal. Disini sifatnya adu argumen dengan baik dan tetap sopan santun tentunya, bukan urusan menang kalah. Tapi urusannya adalah mana yang paling bagus untuk diterapkan sesuai dengan konsep awal. 

 

4. Dalam hal pembiayaan

Dalam perjanjian yang baik antara anda selaku pemilik rumah/ interior dan yang mempekerjakan sudah pasti harus rinci harganya. 

 

Biasanya rincian pembayaran yang baik diatur sebagaimana berikut : 

 

  1. DP 50%, dibayarkan oleh klien saat penandatanganan kontrak kerjasama.
  2. 30% pembayaran dibayarkan saat tempel HPL dan finishing
  3. 10% pembayaran saat barang sudah jadi dan posisi di gudang
  4. 10% pembayaran terakhir adalah pada saat setelah finish terpasang

 

Rincian yang seperti ini hendaknya dimunculkan dalam klausul kontrak kerjasama. 

 

5. Dalam hal garansi

Dan yang terakhir adalah tentu saja garansi. 

Garansi tidak boleh semena-mena baik dari sisi owner pekerjaan maupun dari sisi penggarap/ vendor. Waktu ideal untuk garansi interior custom biasanya adalah 1 bulan. 

 

Kesimpulan

Terakhir, jika anda sudah menemukan vendor penggarap interior custom yang seperti itu, anda juga harus memantaskan diri untuk bertransaksi dengannya. Jika anda merasa bujet anda kurang, komunikasikan dengannya, insyaAllah selalu akan ada jalan kerjasama. 

 

Karena vendor/ kontraktor yang seperti ini biasanya ada niat yang baik dan keikhlasan dalam bekerja. Jangan sia-siakan hal tersebut. Dan jika anda menggunakan jasanya, insyaAllah akan tercipta kerjasama yang baik pada level yang lebih tinggi, yakni bernilai ibadah. 

 

Jadi sudah bukan lagi urusan dunia, tapi lebih dari itu ada keharmonisan bekerja dalam koridor mendapatkan pahala. 

Semoga bermanfaat. 

 
 KONTAK DISINI 
WA : 089-5353-69-8866
 

 

 Mengalami kebingungan atau ragu-ragu untuk membeli produk yang sesuai keinginan anda ? Konsultasikan dengan Produkjoss secara cuma-cuma. 


 KONTAK DISINI 
WA : 089-5353-69-8866